Sunday, December 13, 2009

12 Kriteria Tempat Kerja yang Menyenangkan


Pentingkah menemukan tempat bekerja yang menyenangkan? Orang yang motivasinya hanya lah gaji besar atau jabatan penting, mungkin ia akan sedikit mengesampingkan stres atau rekan kerja yang saling menjatuhkan. Namun bagi kebanyakan orang lainnya, untuk mendapatkan gaji dan jabatan yang diinginkan, terlebih dulu mereka harus mendapatkan suasana kerja yang menyenangkan untuk mendorong produktivitas mereka.

Dalam buku First, Break All the Rules, Marcus Buckingham dan Curt Coffman membeberkan penelitian yang mereka lakukan bersama Gallup Organization untuk menemukan cara dalam mengukur tempat kerja yang dapat memikat dan mempertahankan karyawan yang paling produktif. Mereka menyodorkan 12 pertanyaan yang dapat dijawab oleh pembacanya. Jika karyawan umumnya menjawab "Ya", dan merasa lebih bahagia di tempat kerjanya, mereka cenderung akan bekerja dalam unit bisnis dengan tingkat produktivitas, profit, keinginan bertahan, dan kepuasan yang lebih tinggi. Hal ini juga menunjukkan adanya keterkaitan antara apa yang dirasakan karyawan, dan bagaimana performa mereka.

Daftar pertanyaan ini akan berguna jika Anda seorang manajer yang ingin menciptakan lingkungan kerja yang lebih bahagia dan lebih produktif. Atau, jika Anda seorang pencari kerja atau karyawan yang menginginkan tempat kerja dengan kriteria tertentu yang Anda miliki. Nah, sekarang coba simak pertanyaan berikut:

1. Tahukah saya, apa yang diharapkan perusahaan dari saya?
2. Apakah saya memiliki materi dan peralatan yang saya butuhkan agar pekerjaan dapat terlaksana dengan baik?
3. Apakah saya memiliki kesempatan untuk menunjukkan kemampuan saya yang terbaik setiap hari?
4. Dalam 7 hari terakhir, apakah saya menerima pengakuan atau pujian karena melakukan pekerjaan dengan baik?
5. Apakah supervisor saya, atau siapa pun di tempat kerja, terlihat peduli pada saya sebagai pribadi?
6. Adakah seseorang di tempat kerja yang mendorong perkembangan diri saya?
7. Apakah pendapat-pendapat saya cukup dipertimbangkan?
8. Apakah misi perusahaan membuat saya merasa pekerjaan saya terasa penting?
9. Apakah rekan kerja saya berkomitmen untuk melakukan pekerjaan yang berkualitas?
10. Apakah saya memiliki teman baik di kantor (office affair tidak termasuk, lho!)?
11. Dalam 6 bulan terakhir, sudahkah saya berbicara dengan seseorang mengenai progres yang saya lakukan?
12. Tahun lalu, apakah saya memiliki peluang untuk belajar dan berkembang?

Pertanyaan ini juga berguna bagi Anda merasa tidak bahagia di tempat kerja, dan Anda ingin mengetahui apa penyebabnya. Pertanyaan-pertanyaan ini menyarankan sejumlah strategi untuk memperbaiki atau meningkatkan situasi Anda. Tentu saja Anda tidak mungkin mengontrol semuanya, namun setidaknya Anda tahu apa yang perlu dilakukan. Akan baik bila Anda mengusahakan jalan keluarnya, namun jika tidak, mungkin Anda harus mencari tempat kerja yang lebih baik.

Related Post

0 komentar:

Post a Comment

 
Your Blogger Designer