Sunday, December 13, 2009

Dream Job : Liason Officer

Bisa dekat dengan artis dari luar negeri, sering ikut tur, dan sering berada di belakang panggung. Wah, serunya bekerja sebagai Liaison Officer (LO). Mau tahu seluk-beluknya?

Nandadieva Shahannaz, 24, freelancer LO dari Buena Productions dan lulusan S1 Fakultas Hukum Universitas Atma Jaya ini, mulai menekuni profesi LO artis sejak tahun 2006. Tepatnya, saat event Java Jazz. Artis pertama yang ia bawa adalah Kool and the Gank. Setelah itu ia bergabung dengan Buena Productions dan sempat mendampingi Lionel Richie, Diana Ross, Natalie Cole, Foreplay, dan banyak lainnya.

Apa sih pekerjaan liaison officer untuk artis?
Profesi ini semacam penengah antara promotor, media, dan manajer artis. Siapa pun yang ingin berhubungan dengan artis harus melalui LO. Artis mancanegara juga biasanya belum tahu bagaimana negara yang didatangi, makanya butuh panduan LO.

Pekerjaan ini menyenangkan?
Iya, siapa yang tak mau bertemu dengan artis luar negeri? Semuanya juga sudah direncanakan. Tidak perlu bekerja setiap hari. Hanya kalau ada event artis konser saja. Makanya pekerjaan ini lebih banyak paruh waktu.

Adakah tantangan yang dihadapi?
Ada, ketika promotor dan tour manager artis punya kepentingan berbeda. Si tour manager biasanya sangat melindungi artisnya. Sementara si promotor yang merasa sudah membayar mahal, maunya mengeksploitasi sebisa mugkin. Nah, mempertemukan dua kepentingan ini yang seringkali susah.

Adakah kriteria khusus untuk menekuni profesi ini?
Tidak ada. Yang penting memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, bisa berbahasa Inggris, selalu tepat waktu, jangan sampai si artis yang sampai lebih dulu dari LO, sabar menemani si artis ke mana-mana.

Untuk penghasilan, berapa yang bisa diperoleh untuk pemula?
Sekitar Rp 500.000 per hari, dan ini bersih. Paling enak kalau ikut tur beberapa hari. Kalau artisnya baik, biasanya kita sering diberi tips.

Related Post

0 komentar:

Post a Comment

 
Your Blogger Designer